Inilah Jenis-Jenis Domba Berkualitas untuk Qurban Idul Adha

Inilah Jenis-Jenis Domba Berkualitas untuk Qurban Idul Adha

Ketika mendekati Hari Raya Idul Adha, tentunya banyak sekali orang yang jual hewan qurban. Salah satu hewan yang dijual sebagai hewan qurban adalah domba. Domba memang merupakan salah satu jenis hewan yang dapat digunakan untuk berkurban. Lalu pa saja sih jenis domba berkualias untuk qurban Idul Adha? Berikut adalah beberapa jenis domba untuk qurban.

  • Domba Garut (Domba Priangan)

Sesuai dengan namanya, domba Garut merupakan domba yang berasal dari daerah Garut, tepatnya di daerah Limbangan Jawa Barat. Menurut informasi yang didapatkan, domba ini merupakan dimba dari hasil persilangan antara domba Merino dengan domba lokal asal Parahyangan.

Pada umumnya domba Garut merupakan jenis domba yang mampu melahirkan hingga 2 kali dalam periode waktu satu tahun. Domba garut adalah domba yang memiliki sikap profilik sebeb domba garut dapat melahirkan lebih dari 1 ekor anak domba dalam 1 kalu klahiran. Domba Garut juga merupakan jenis domba yang memiliki bobok di atas rata-rata yaitu sekita 60-80 kg.

  • Domba Taxel Wonosobo (Dambos)

Sebenarnya domba ini berasal dari pulau Taxel yang berada di negara Belanda dan kemudian domba ini dikirim ke Indonesia pada tahun 1954. Kemudian domba ini dikembangkan di daerah Wonosobo. Domba ini sering dijumpai di dawrag Dataran Tinggi Dieng di sekitar kota Wonosobi dan Banjarnegara

  • Domba Ekor Gemuk

Domba Ekor Gemuk merupakan jenis do,ba yang banyak dijumpai di Indonesia bagian Timur seperti Sulawesi, Madura, dan Pulau Lombok. Domba ini merupakan jenis domba yang diternakan sebagai domba pedaging dan domba pnghasil bulu.

Domba yang satu ini dikenal dengan bulu ekornya yang besar dan gemuk yang semakin mengecil pada bagian ujungnya sehingga diberi nama Domba Ekor Gemuk. Domba yang satu ini mampu menyimpan cadangan lemak sebagai cadangan energy ketika dibutuhlkan di bagian ekornya.

Inilah Jenis-Jenis Domba Berkualitas untuk Qurban Idul Adha

  • Domba Merino

Domba Merino merupakan domba penghasil bulu dimana bulunya digunakan sebagai bahan kain wol. Selain menghasilkan bulu, domba Merino juga dikenal dengan domba pedaging yang dapat menghasilkan daging.

Bulu yang dapat dihasilkan oleh domba pedaging Merino yang satu ini mencapai panjang 10ck dengan berat bulu mencapai 10 kg wol per satu ekor domba. Domba ini berasal dari Asia kecil yang banyak dikembangkan di negara Spanyol, Inggris, dan Australia.

  • Domba Batur Banjarnegara (Domas)

Domba yang satu ini merupakan jenis domba yang berasal dari Indonesia yang berasal dari daerah Banjarnegara Jawa Tengah. Domba yang satu ini dikenal dengan pedaging dan domba penghasil wol. Domba yang satu ini merukan jenis domba hasil persilangan domba ekor kecil dengan domba Merino.

  • Domba Ekor Tipis

Domba ekor tipis merupakan domba asal Indonesia yang dapat ditemukan di pulau Jawa bagian Barat dan Provinsi Jawa Tengah. Domba yang satu ini merupakan jenis domba yang sering dikenal dengan nama domba wedus gembel.

  • Domba Dorset

Domba dorset berasal dari negara Inggris yang merupakan jenis domba pedaging yang bagus. Selain sebagai domba pedaging domba yang satu ini juga merupakan domba penghasil bulu wol, namun bulu wol yang dihasilakn domba Dorset tidak terlalu banyak dibandingkan dengan domba penghasil wol lainnya,

Nah, di atas merupakan beberapa jenis domba yang dapat dijadikan sebagai hewan qurban. Menjelang Hari Raya Idul Adha banyak yang jual hewan qurban termasuk jenis-jenis domba di atas. Namun di negara Indonesia sendiri jenis domba yang biasanya dijual untuk hewan qurban merupakan jenis domba lokal yang berasal dari Indonesia,