Apa Itu Cloud Computing dan Mengapa Perlu Ada di Masa Kini?

Apa Itu Cloud Computing dan Mengapa Perlu Ada di Masa Kini

Cloud computing atau komputasi awan merupakan gabungan pemanfaatan terhadap teknologi komputer dan pengembangannya dengan basis internet. Jadi, semua data secara otomatis tersimpan via server internet. Tidak lagi menggunakan metode offline yang rata-rata bisa mengeruk habis memori serta akses di perangkat masing-masing.

Meskipun begitu, komputasi awan juga memerlukan media berupa perangkat lunak atau aplikasi yang harus tertanam di perangkat keras (hardware) agar bisa bekerja. Dengan dampak besar yang ditimbulkan oleh komputasi awan tersebut, tidak heran jika pelaku bisnis mulai turut menerapkannya. Berikut kenapa komputasi awan perlu hadir di masa sekarang.

Cara Kerjanya Lebih Fleksibel

Kita ambil contoh saja dari fungsi komputasi awan terhadap penyimpanan album foto. Dulu, sebelum ada internet, foto harus dicetak agar bisa dinikmati hasilnya. Sayangnya, untuk menyimpan foto dengan jumlah 50 saja harus makan tempat atau ruangan yang cukup besar. Ketika menggunakan fungsi dari komputasi awan, kebutuhan tersebut bisa dijembatani.

Foto yang sudah tersimpan bisa dibagikan, diunduh, maupun bisa diwariskan ke anak-cucu nantinya. Fleksibilitas kerja komputasi awan sekarang hampir bisa dinikmati untuk setiap lini. Untuk itu, perlu sekali server dan penyedia hosting yang kuat agar data yang tersimpan bisa dinikmati dalam jangka waktu lama.

Mampu Meningkatkan Kepuasan Karyawan Perusahaan

Di masa sekarang, hampir tidak ada perusahaan yang tidak memanfaatkan fitur canggih dari komputasi awan. Baik untuk perusahaan yang bergerak di bidang offline maupun berbasis layanan internet. Dari survei yang dilakukan oleh KPMG kepada 500 daftar eksekutif ditemukan, bahwa karyawan mereka puas dengan fitur-fitur pada komputasi awan.

Artinya, cloud computing sudah ikut andil dalam pengembangan serta peningkatan produktivitas karyawan perusahaan. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Sekarang, di perusahaan berbasis online, para karyawan bisa ambil tugas langsung dari penyimpanan online. Jadi tidak harus atasan bertatap muka ke karyawan hanya ingin memberi tugas.

Mampu Menghemat Biaya Pengeluaran Perusahaan

Jika Anda merupakan salah satu pemilik perusahaan, pasti akan memahami fungsi dari fitur ini. Sekarang komputasi awan tengah menuju ke arah penyempurnaan. Tidak lagi seperti beberapa tahun lalu yang masih berada di tahap trial. Dengan sistem, akses, serta ketersediaan layanan komputasi awan terbukti mampu menghemat pengeluaran.

Perusahaan tidak lagi harus mencetak sejumlah berkas hanya untuk melayani pelanggan. Contohnya yang ada pada e-commerce di Indonesia. Tanpa harus berinvestasi dalam bentuk fisik, mereka tidak lagi perlu memikirkan biaya pemeliharaan ataupun perbaikan. Soalnya sudah ditanggung oleh pihak penyedia server maupun hosting.

Aman dan Mampu Meningkatkan Interaksi dalam Lingkup Bisnis

Komputasi awan terbukti aman dari serangan peretas ataupun kendala lain. Mungkin bisa terjadi down ketika dalam waktu yang sama terjadi lonjakan traffic. Akan tetapi, hal tersebut masih mudah ditangani ketimbang memakai cara-cara manual seperti puluhan tahun lalu. Penggunaan komputasi awan bisa meningkatkan kinerja bisnis hingga 73%.

Tidak hanya itu. Manfaat lain juga sangat terasa ketika dilihat dari interaksi dengan klien, supplier, serta mitra bisnis. Keberadaan komputasi awan betul-betul bisa menjadi wahana baru sekaligus media strategis untuk memuaskan setiap lini dalam lingkup bisnis. Secara langsung, tingkat otomasi layanan dan pengurangan biaya pun meningkat di atas 70%.

Sebagai calon eksekutif atau pelaku usaha masa kini, sudah waktunya Anda untuk menggunakan komputasi awan. Salah satu penyedia cloud yang terkenal di Indonesia bernama Lintasarta. Sudah sejak puluhan tahun lalu, Lintasarta berhasil menjaring mitra dari kalangan perusahaan hingga pemerintah. Siapkah Anda jadi bagian dari kemajuan teknologi?

Author: admin